Selasa, 14 Oktober 2008

Sabar Menghadapi Cobaan

Keutamaan Sabar

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun.” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (TQS. Al-Baqarah [2]: 155-157)

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (TQS. Al-Zumar [39]: 10)

Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (TQS. Al-Baqarah [2]: 155)

· Rasulullah saw. bersabda:

Sesungguhnya Allah aja wajalla jika mencintai suatu kaum maka Allah akan memberikan cobaan kepada mereka. Barangsiapa yang sabar maka kesabaran itu bermanfaat baginya. Dan barangsiapa marah, maka kemarahan itu akan kembali kepadanya. (Telah ditakhrij oleh Imam Ahmad dari jalan Mahmud bin Labid)

Manusia yang Paling Berat Cobaannya

· Ahmad telah mentakhrij dengan jalan Mus’ab bin Said dari ayahnya ia berkata: Aku berkata, ya Rasulullah saw. siapa manusia yang peling berat cobaannya? Rasulullah saw. bersabda:

Para nabi, kemudian orang-orang yang shalih, kemudian generasi setelahnya, dan generasi setelahnya lagi. Seorang manusia akan diuji sesuai dengan kadar agamanya. Apabila ia kuat dalam agamanya maka ujian akan semakin ditambah. Apabila agamanya tidak kuat maka ujian akan diringankan darinya. Tidak henti-henti ujian menimpa seorang hamba hingga ia berjalan di muka bumi ini dengan tidak memiliki kesalahan sedikitpun.

Surga Bagi Sabar

· Dari Abi Hurairah ra. sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda:

Allah berfirman: Seorang hamba yang Aku ambil kekasihnya dari penghuni dunia kemudian ia bersabar maka tidak ada balasan apapun baginya kecuali Syurga. (HR. Bukhari)

· Dari Aisyah ra. ia bekata, aku bertanya kepada Rasulullah saw. tentang pengakit thaun. Kemudian Rasulullah saw. memberitahukan kepadanya:

Sesungguhnya thoun itu adalah siksa yang dikirim Allah kepada orang yang dikehendaki-Nya. Kemudian Allah menjadikannya rahmat bagi orang-orang yang beriman. Karena seorang hamba yang tinggAl-di daerah yang terjangkit wabah thoun kemudian ia tinggAl-di negerinya dengan sabar dan mengharap ridla Allah; ia meyakini bahwa tidak akan ada yang menimpanya kecuali perkara yang telah ditetapkan Allah, maka ia akan mendapatkan seperti pahala orang yang syahid. (HR. Bukhari)

Wanita Penghuni Surga

· Dari Atha Ibnu Abi Rabbah ia berkata: Telah berkata kepadaku Ibnu Abas ra. apakah tidak perlu aku memperlihatkan kepadamu seorang wanita penghuni Syurga? Aku berkata: Tentu saja sangat perlu. Maka Ibnu Abas berkata:

Dia adalah wanita yang hitam ini. Ia datang kepada Nabi saw. seraya berkata: Ya Rasulullah, aku aku suka ayan dan auratku suka tersingkap karenanya, maka berdo’alah kepada Allah untukku. Rasulullah saw. bersabda: Jika engkau mau bersabar maka bagimu Syurga. Tapi jika engkau mau maka aku akan berdo’a kepada Allah agar menyembuhkanmu. Wanita itu berkata: Aku akan bersabar saja. Tapi auratku suka tersingkap, maka berdo’alah untuku agar auratku tidak tersingkap. Kemudian Rasulullah saw. berdo’a untuknya. (Mutafaq ‘alaih)

Tidak ada komentar: